Selasa, 02 September 2014

Jaringan 5G Akan di Uji Coba Oleh Nokia?




Pada awal tahun 2015 Nokia akan menguji coba jaringan 5G di Oulu, Finlandia. Bukanlah Nokia yang sudah diakuisi oleh Microsoft, melainkan  Perusahaan sendiri yaitu Nokia Network dengan induk Nokia di Negara Finlandia yang tengah membuat perangkat yang digunakan oleh operator seluler dalam Base Transceiver Station (BTS)

Nokia Network dulunya berkerjasama dengan Nokia dan Siemens. Namun Nokia sudah membeli saham Siemens di perusahaan Nokia Network. Setelah adanya pembelian saham tersebut, nama dari Nokia Siemens  Network berubah menjadi Nokia Network.

Spesifikasidari 5G yang akan dirilis oleh Nokia ini belum jelas. Namun, digadang-gadang jaringan 5G akan diberikan penambahan kapasitas hingga 1000 kali lipat lebih besar dibanding jaringan LTE. Sedangkan dengan kecepatan koneksinya sekitar 10 sampai 100 kali lipat lebih besar dari jaringan 4G.

Dengan berbagai penambahan, energi listrik yang digunakan pada jaringan 5G ini akan berkurang 90%. Dan pada jaringan ini akan dapat mencapai kecepatan 500 Mbps.

Nokia Network telah melakukan pembicaraan dengan operator asal Jepang “NTT DoCoMo” tentang teknologi terbaru ini. Samsung juga akan bergabung dengan Nokia.
Teknologi 5G ini baru tersedia secara komersial pada tahun 2020. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar